Pages

Sunday 18 April 2010

CAKUPAN DAN PROSES PENDIDIKAN ISLAM




CAKUPAN DAN PROSES PENDIDIKAN ISLAM

Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam
Dosen Pengampu : Drs. Abdul Wahab, M.PdI





Disusun Oleh :
1. Aris (108006)
2. Tedi Oktavian (108051)





SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PATI
FAKULTAS TARBIYAH
TAHUN 2009

KATA PENGANTAR



Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh,


Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya pada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah ini dengan lancar, untuk memenuhi kewajiban kami pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam..
Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini untuk menumbuhkan wawasan kami dan pembaca dalam mencermati, memahami serta mendalami mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh waktu. Dalam makalah ini kami mengangkat tema Cakupan dan Proses Pendidikan Islam..
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan dikarenakan keterbatasan pengetahuan kami. Tapi kami optimis dan giat dalam mencari bahan-bahan pendukung guna tercapainya makalah kami yang baik dan mempunyai arti nilai penting bagi kami dan pembaca.
Sebelum dan sesudahnya kami mohon ma’af dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kelompok kami dan pembaca pada umumnya, Amiin.
Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

Pati, 03 September 2009

Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………
DAFTAR ISI …………………………………………………………..........
BAB I. PENDAHULUAN ……………………………………………....
A. Latar Belakang Masalah ………………………………….....
B. Rumusan Masalah ……………………………………..........
BAB II. PEMBAHASAN ……………………………………………….
A. Definisi Pendidikan secara Umum……………………………….
B. Definisi Pendidikan Menurut Islam……………………………
C. Cakupan Pendidikan Islam…………………………………….
D. Proses Pendidikan Islam ……………………………………....
BAB III. PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan merupakan suatu proses pembaharuan makna pengalaman yang ada pada manusia. Pendidikan akan berlangsung terus menerus dan abadi selama ia hidup tanpa dibatasi ruang dan waktu. Pendidikan dapat berlangsung di mana saja tidak harus di lembaga pendidikan.
Pendidikan islam adalah usaha orang dewasa muslim yang bertakwa serta sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serat perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui ajaran islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya.

Ada banyak macam pendidikan , diantaranya adalah pendidikan Islam. Pendidikan islam adalah suatu pendidikan yang berlandaskan islam. Tidak hanya berisi naskah-naskah keagamaan saja tapi meluas pada semua aspek kehidupan manusia yang berlandaskan islam.
Pendidikan islam mempunyai proses dan cakupan yang luas. Bahkan cakupannya sama luasnya dengan pendidikan umum. Untuk itu perlu diperjelas bagaimana proses dan cakupan pendidikan islam itu berlangsung.
Keberlangsungan pendidikan islam sangat bergantung dengan prosesnya. Proses ini harus berlangsung kontinyu agar tercapai tujuan pendidikan islam yaitu menuju membentuk manusia yang kamil, bermanfaat untuk pribadi, masyarakat dan agamanya.

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis merumuskan beberapa pokok permasalahan, yaitu:
1) Apa Definisi Pendidikan secara Umum?
2) Apa Definisi Pendidikan Menurut Islam?
3) Apa Cakupan (Ruang Lingkup) Pendidikan Islam?
4) Apa Proses Pendidikan Islam?






























BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Pendidikan Secara Umum
Definisi pendidikan menurut para ahli, diantaranya adalah:
Menurut John Dewey, pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, Hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup .
Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
Menurut Frederick J. Mc Donald, pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Yang dimaksud dengan behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang, sesuatu yang dilakukan oleh sesorang.
Menurut M.J. Langeveld, pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
B. Definisi Pendidikan Menurut Islam
Pendidikan Islam itu sendiri adalah pendidikan yang berdasarkan Islam. Isi ilmu adalah teori. Isi ilmu bumi adalah teori tentang bumi. Maka isi Ilmu pendidikan adalah teori-teori tentang pendidikan, Ilmu pendidikan Islam secara lengkap isi suatu ilmu bukanlah hanya teori.
Pengertian pendidikan bahkan lebih diperluas cakupannya sebagai aktivitas dan fenomena. Pendidikan sebagai aktivitas berarti upaya yang secara sadar dirancang untuk membantu seseorang atau sekelompok orang dalam mengembangkan pandangan hidup, sikap hidup, dan keterampilan hidup, baik yang bersifat manual (petunjuk praktis) maupun mental, dan sosial sedangkan pendidikan sebagai fenomena adalah peristiwa perjumpaan antara dua orang atau lebih yang dampaknya ialah berkembangnya suatu pandangan hidup, sikap hidup, atau keterampilan hidup pada salah satu atau beberapa pihak, yang kedua pengertian ini harus bernafaskan atau dijiwai oleh ajaran dan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al Qur’an dan Sunnah (Hadist).
C. Cakupan Pendidikan Islam
1. Pendidikan Keimanan
“Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya diwaktu ia memberikan pelajaran kepadanya:”hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesengguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang nyata.” (Q.S 31:13)
Bagaimana cara mengenalkan Allah SWT dalam kehidupan anak?
• Menciptakan hubungan yang hangat dan harmonis (bukan memanjakan)
Jalin hubungan komunikasi yang baik dengan anak, bertutur kata lembut, bertingkah laku positif.
Hadits Rasulullah : “cintailah anak-anak kecil dan sayangilah mereka…:” (H.R Bukhari)
“Barang siapa mempunyai anak kecil, hendaklah ia turut berlaku kekanak-kanakkan kepadanya.” (H.R Ibnu Babawaih dan Ibnu Asakir)
• Menghadirkan sosok Allah melalui aktivitas rutin
Seperti ketika kita bersin katakan alhamdulillah. Ketika kita memberikan uang jajan katakan bahwa uang itu titipan Allah jadi harus dibelanjakan dengan baik seperti beli roti.
• Memanfaatkan momen religious
Seperti Sholat bersama, tarawih bersama di bulan ramadhan, tadarus, buka shaum bareng.
• Memberi kesan positif tentang Allah dan kenalkan sifat-sifat baik Allah
Jangan mengatakan “ nanti Allah marah kalau kamu berbohong” tapi katakanlah “ anak yang jujur disayang Allah”.
• Beri teladan
Anak akan bersikap baik jika orang tuanya bersikap baik karena anak menjadikan orang tua model atau contoh bagi kehidupannya.
“hai orang-orang yang beriman mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan”.(Q.S 61:2-3)
• Kreatif dan terus belajar
Sejalan dengan perkembangan anak. Anak akan terus banyak memberikan pertanyaan. Sebagai orang tua tidak boleh merasa bosan dengan pertanyaan anak malah kita harus dengan bijaksana menjawab segala pertanyaannya dengan mengikuti perkembangan anak.
2. Pendidikan Akhlak
Hadits dari Ibnu Abas Rasulullah bersabda:
“… Akrabilah anak-anakmu dan didiklah akhlak mereka.”
Rasulullah saw bersabda:
”Suruhlah anak-anak kamu melakukan shalat ketika mereka telah berumur tujuh tahun dan pukullah mereka kalau meninggalkan ketika mereka berumur sepuluh tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud)
Bagaimana cara mengenalkan akhlak kepada anak :
• Penuhilah kebutuhan emosinya
Dengan mengungkapkan emosi lewat cara yang baik. Hindari mengekspresikan emosi dengan cara kasar, tidak santun dan tidak bijak. Berikan kasih saying sepenuhnya, agar anak merasakan bahwa ia mendapatkan dukungan.
Hadits Rasulullah : “ Cintailah anak-anak kecil dan sayangilah mereka …:” (H.R Bukhari)
• Memberikan pendidikan mengenai yang haq dan bathil
“Dan janganlah kamu campur adukan yang haq dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang haq itu, sedang kamu mengetahui .”(Q.S 2:42)
Seperti bahwa berbohong itu tidak baik, memberikan sedekah kepada fakir miskin itu baik.
• Memenuhi janji
Hadits Rasulullah :”…. Jika engkau menjanjikan sesuatu kepada mereka, penuhilah janji itu. Karena mereka itu hanya dapat melihat, bahwa dirimulah yang memberi rizki kepada mereka.” (H.R Bukhari)
• Meminta maaf jika melakukan kesalahan
• Meminta tolong/ mengatakan tolong jika kita memerlukan bantuan.
• Mengajak anak mengunjungi kerabat
3. Pendidikan intelektual
Menurut kamus Psikologi istilah intelektual berasal dari kata intelek yaitu proses kognitif/berpikir, atau kemampuan menilai dan mempertimbangkan.
Pendidikan intelektual ini disesuaikan dengan kemampuan berpikir anak. Menurut Piaget seorang Psikolog yang membahas tentang teori perkembangan yang terkenal juga dengan Teori Perkembangan Kognitif mengatakan ada 4 periode dalam perkembangan kognitif manusia, yaitu:
Periode 1, 0 tahun – 2 tahun (sensori motorik)
• Mengorganisasikan tingkah laku fisik seperti menghisap, menggenggam dan memukul pada usia ini cukup dicontohkan melalui seringnya dibacakan ayat-ayat suci al-Quran atau ketika kita beraktivitas membaca bismillah.
Periode 2, 2 tahun – 7 tahun (berpikir Pra Operasional)
• Anak mulai belajar untuk berpikir dengan menggunakan symbol dan khayalan mereka tapi cara berpikirnya tidak logis dan sistematis.
Seperti contoh nabi Ibrahim mencari Robbnya.
Periode 3, 7 tahun- 11 tahun (Berpikir Kongkrit Operasional)
• Anak mengembangkan kapasitas untuk berpikir sistematik
Contoh : Angin tidak terlihat tetapi dapat dirasakan begitu juga dengan Allah SWT tidak dapat dilihat tetapi ada ciptaannya.
Periode 4, 11 tahun- Dewasa (Formal Operasional)
• Kapasitas berpikirnya sudah sistematis dalam bentuk abstrak dan konsep
4. Pendidikan fisik
• Dengan memenuhi kebutuhan makanan yang seimbang, memberi waktu tidur dan aktivitas yang cukup agar pertumbuhan fisiknya baik dan mampu melakukan aktivitas seperti yang disunahkan Rasulullah
“ Ajarilah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda.” (HR. Thabrani)
5. Pendidikan Psikis
“Dan janganlah kamu bersifat lemah dan jangan pula berduka cita, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. 3:139)
• Memberikan kebutuhan emosi, dengan cara memberikan kasih saying, pengertian, berperilaku santun dan bijak.
• Menumbuhkan rasa percaya diri
• Memberikan semangat tidak melemahkan
D. Proses Pendidikan Islam

Pendidikan islam adalah usaha orang dewasa muslim yang bertakwa serta sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serat perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui ajaran islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya.
Pendidikan secara teoritis mengandung pengertian “memberi makan” (opveoding) kepada jiwa anak didik sehingga mendapatkan kepuasan rohaniah, juga sering diartikan dengan menumbuhkan kemampuan dasar manusia. Bila ingin diarahkan kepada pertumbuhan sesuai dengan ajaran Islam maka harus berproses melalui sistem kependidikan Islam, baik melalui kelembagaan maupun sistem kurikuler.
Esensi dari potensi dinamis dalam setiap diri manusia ini terletak pada keimanan atau keyakinan, ilmu pengetahun, akhlak (moralitas) dan pengalamannya.dan adalam keempat potensi esensi ini menjadi tujuan fungsional pendidikan Islam. Oleh karenanya, dalam strategi pendidikan Islam, keempat potensi dinamis yang esensial tersebut menjadi titik pusat dari lingkaran kependidikan Islam sampai kepada tercapainya tujuan akhir pendidikan, yaitu manusia dewasa yangmukmin atau muslim dan muhlis muttakin.
Bilamana pendidikan Islam kita artikan sebagai proses, maka diperlkan adanya sistem dan sasaran atau tujuan yang hendak dicapai dengan proses melalui sistem tertentu. Hal ini karena proses didikan tanpa sasaran dan tujuan yang jelas berarti oportunisme, yang akan menghilangkan nilai hakiki pendidikan. Oleh karena itu, proses yang demikian mengandung makna yang bertentangan dengan pekerjaan mendidik itu sendiri, bahkan dapat menafikan harkat dan martabat serta niali manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi, di mana aspek-aspek kemampuan individual (al-fadiyah), sosialitas (al-ijmaiyah) dan moralitas (al-ahlaqiyah), merupakan hakikat kemanusiaannya. Dalam sistem proses, terdapat umpan balik (feedback) melalui evaluasi yang bertujuan mempernbaiaki mutu pendidikan.
Oleh karena itu adanya sasaran dan tujuan merupakan kemutlakan dalam proses pendidikan. Sasaran yang hendak dicapai yang dirumuskan secara jelas dan akurat itulah yang mengarahkan proses pendidikan Islam kea rah perkembangan optimal pada ketiga aspek kenmampuan tersebut yang didasari dengan nilai-nilai ajaran Islam. Sedanng evaluasi merupakan alat pengoreksi kesalahan atau penyimpangan yang terjadi dalam proses yang berakibat pada produk yang tidak tepat. Proses mengandung pengertian sebagai penerapan cara-cara atau sarana untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Proses pendidikan islam yaitu dimana proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Sejalan dengan misi agama Islam yang bertujuan memberikan rahmat bagi sekalian makhluk di ala mini, pendidikan Islam mengidentifikasikan sasaannya pada empat pengembangan fungsi manusia yaitu :
1. Menyadarkan manusia sebagai makhluk individu, yaitu makhluk yang hidup di tengah-tengah makhluk lain, menusia harus bisa memerankan fungsi dan tanggung jawabnya, manusia akan mampu berperan sebagai makhluk Allah yang paling utama diantar makhluk lainnya. Dan menfungsikan sebagia khalifah di muka bumi ini. Malaikatpun bersujud kepadanya, karena amanusia sedikit lebih tinggi kejadiaanya dari malaikat, yang hanya terdiri dari unsure-unsur rohaniah yaitu nur ilahi. Manusia adalah makhluk yang terdiri dari perpaduan unsure-unsur rohani dan jasmani.
2. Menyadarkan funsi manusia sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk social manusia harus mengadakan interelasi dan interaksi denngan sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat. Itulah sebabnya Islam mengajarkan tentang persamaan, persaudaraan. Gotong royong dan musyawarah sebagai upaya membentuk masyarakat yang menjadi persekutuan hidup yang utuh.
3. Menyadarkan, manusia shamba Allah SWT. Manusia sebagai Homo Divinans (mahkluk yang berketuhanan), sikap dan watak religiulitasnya perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu menjiawi dan mewarnai kehidupannya .
Proses pendidikan islam dibagi menjadi 2 (dua) yaitu sebagai berikut:
1. Proses Pendidikan Islam Universal
Menyoroti asal usul pendidikan Islam haruslah disertai dengan pemahaman tentang motivasi awal proses belajar mengajar yang dilakukan kaum muslim sepanjang sejarah dengan penekanan pada periode awal. Sebagai bukti terdapat kaitan erat antara belajar dan penggerak utamanya. Ketika Islam sebagai suatu agama menempatkan ilmu pengetahuan pada status yang sangat istimewa. Allah akan meninggikan derajat mereka yang beriman diantara kaum muslim dan mereka yang berilmu .
Penggerak utama dari wahyu inilah yang sangat memotifasi muslim dalam belajar. Selain itu mereka belajar juga dalam rangka mengembangkan fitrah mereka. Ini berpedoman bahwa pendidikan Islam secara universal yaitu bahwa manusia dilahirkan secara fitrah (HR. Muslim), karena itu pengembangan fitrah-fitrah harus dilakukan dengan ajaran agama Islam (wahyu) sebagaimana dalam QS: an-Nahl:89 .
Proses perkembangan pendidikan islam secara universal pada masa Islam klasik abad pertengahan memperlihatkan adanya transformasi dari masjid ke madrasah. Selanjutnya setelah masa kejumudan pada abad ke-19 banyak negara Islam melakukan modernisasi sebagai akibat dari pengaruh Barat.
Pembaharuan dan modernisasi pendidikan Islam dimulai di Turki. Semangat yang ada di Turki ini kemudian menular pada beberapa kawasan lainnya, terutama seluruh wilayah kekuasaan Turki Ustmani di Timur Tengah. Ada dua kebijakan fundamental yang dilakukakn terkait dengan pengelolaan kelembagaan pendidikan, yaitu pembentukan sekolah-sekolah baru sesuai dengan sistem pendidikan Eropa dan penghapusan sistem madrese dengan mengubahnya menjadi sekolah-sekolah umum.
Selain Mustafa Kemal Ataruk, di Mesir Muhammad Ali Pasya juga melakukan pembaharuan. Pembaharuan Ali Pasya ini berlanjut hingga ke Gamal Abdul Naser yang menghapuskan sistem madrasah dan kuttab.
Bentuk modernisasi dalam Islam membentuk polar sendiri, di sisi lain ada suatu gerakan yang mengatasnamakan pembaharuan. Islam yang menyebar keseluruh dunia bercambur dengan budaya lokal mulai dimasuki oleh tradisi, pemikiran, ideologi, dan mazhab baru yang muncul sebagai proses dialektika kesejarahan manusia modern, ada sejumlah umat yang merasa Islam sudah dikotori oleh faktor eksternal (sesuatu di luar Islam). Yang pada gilirannya memunculkan gerakan pemurnian yang mengarah pada pemberantasan terhadap tradisi keberagamaan masyarakat.
Watak seperti ini sejatinya mencerminkan betapa Islam sebagai agama tidak boleh dimasuki paham-paham lain di luar Islam. Karena itu, tokoh-tokoh seperti Ibnu Taimiyah dan Muhammad Ibn Abd al-Wahhab gencar melakukan pemurnian Islam dalam jargon pembaruan Islam. Paham seperti ini terus mengeksiskan diri dalam bentuk gerakan baru, gerakan baru ini memetakan bentuk-bentuk pendidikan dan lembaga pendidikan yang didirikan oleh para organisasi pembaharuan tersebut.

2. Proses Pendidikan Islam Lokal
Masyarakat Indonesia dengan tingkat kemajemukan sangat tinggi baik etnik, budaya, ras, bahasa, dan agama merupakan potensi sekaligus ancaman. Secara spesifik pendidikan agama di tuding telah gagal menjalin keragaman melalui pendidikan yang melampui sekat-sekat agama. Pendidikan agama seharusnya dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengembangkan moralitas universal yang ada dalam agama-agama.
Padahal keragaman sosial budaya, ekonomi dan aspirasi politik dan kemampuan ekonomi adalah suatu realita masyakarat dan bangsa indonesia. Namun demikian keragaman tersebut yang seharusnya menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan filsafat, teori, visi, pengembangan dokumen, sosialisasi kurikulum dan pelaksanaan kurikulum nampaknya belum dijadikan sebagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan di negara kita.
Dalam tingkat lokal di Indonesia, pendidikan Islam mengalami pergeseran sebagai akibat dari kolonialisme dan kontak dengan budaya luar. Pemerintah kolonial Belanda di Indonesia mendirikan volkschoolen , walaupun sekolah ini kebanyakan gagal karena tingginya angka putus sekolah dan mutu pengajaran yang amat rendah, tapi banyak kalangan pesantren di Jawa yang akomodatif terhadap modernisasi semacam itu.Sikap akomodatif itu dikarenakan:
1. Sekolah rakyat dalam kenyataannya telah melahirkan sebagaian masyarakat pribumi menjadi terdidik.
2. Untuk menimbangi dan menjawab kolonialisme dan kristenisasi.
3. Beberapa kalangan tradisional pesantren mengambil sikap akomodatif dengan mendirikan madrasah di dalam pesantren.

Kemudian karena kontak intellektual dari luar terutama Timur Tengah banyak yang mendirikan Organisasi-organisasi Islam seperti NU, Muhammadiyyah, Persis, Mathla’ul Khoir dan sebagainya yang banyak mendirikan lembaga-lembaga pendidikan modern yang kebanyakan dari lembaga tersebut adalah lembaga kombinasi antara model pendidikan Barat dan Islam .










BAB III
PENUTUP

Pendidikan adalah suatu proses untuk mendewasakan manusia. Yang menjadikannya mampu mandiri sebagai makhluk individu, sosial dan bermoral. Pendidikan islam merupakan suatu proses membentuk manusia agar menjadi insan yang kamil.

Cakupan pendidikan Islam sangat luas sekali bahkan lebih luas dari pendidikan umum. Namun yang perlu ditekankan bahwa semua itu harus bersumber dan berlandaskan pada Islam. Proses ini berlangsung secara secara kontinyu dan terus menerus.
Proses perkembangan pendidikan islam secara universal pada masa Islam klasik abad pertengahan memperlihatkan adanya transformasi dari masjid ke madrasah.
Kemudian mengalami modernisasi dengan dimotori perubahan di Turki dan menular ke kawasan lain.
Proses pendidkan islam lokal bisa berwujud dengan adanya lembaga-lembaga pendidikan lokal yang berorientasi pada penekanan bidang agama seperti madrasah yang sudah menggunakan model kurikulum yang sistematis. Juga memunculkan banyak organisasi kemasyarakatan yang berbasis agama seperti NU, Muhammadiyah dan lain-lain.











DAFTAR PUSTAKA

H. A. Yunus, Drs., S.H., MBA. Filsafat Pendidikan, CV. Citra Sarana Grafika. Bandung. 1999
Arifin, H.M., M.Ed., Prof., Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauana Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner,Bumi Aksara. Jakarta .2003
Nur Uhbiyati., Ilmu Pendidikan Islam., CV. Pustaka Setia., Bandung, 1998
Hamdani Ihsan, Drs. H., A, Fuad Ihsan, Drs. H, Filsafat Pendidikan Islam, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2007
Qutub, Muhammad, Manhaj Al-tarbiyah Al-Islamiyah, Dar Al-Qalam, Cairo, 1967
Al-Abrasyi, Mohammad Athiyah, Dr., At-Tarbiyah Al Islamiyah (terjemah Prof. H. Bustami A. Gani & Djohar Bachry), LIS, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1974
Muhammad Qutub, Sistem Pendidikan Islam, terjemahan Drs. Salman Harun, Al-Ma’arif, bandung, 1984, hlm. 324 – 327
http://makalahkumakalahmu.wordpress.com/2009/01/16/pendidikan-islam/

No comments:

Post a Comment